April 21, 2017

Memotret seperti bercerita dan menjadi gravitasi lewat fotografi

Menghasilkan foto yang berbicara


Memotret adalah hal yang mudah, tapi menghasilkan ‘foto yang berbicara’ itu bukan hal yang mudah. Banyak sekali yang harus dipelajari, terutama bidang psikologi. Kita butuh pendekatan terhadap obyek yang akan kita potret. Harus paham arah cahaya dan momen. Karena foto adalah seni visual yang sangat universal. Untuk menyampaikan pesan atau maksud dalam sebuah foto perlu imajinasi dan kreativitas sang fotografer. Sebuah foto tidak seperti gambar animasi atau film yang objeknya bisa bergerak ketika dilihat oleh penikmatnya.

Tidaklah mudah membuat sebuah foto yang bisa berbicara. Banyak pedoman dan tolok ukur untuk itu. Yang pasti, pada beberapa kondisi, foto hanya bisa berbicara kepada kelompok tertentu saja, bukan semua orang.


Membuat foto yang berbicara membutuhkan beberapa hal penting:

1. Fotografer harus menguasai alatnya dengan baik. Berangkatlah memotret dengan baterai penuh dan kartu memori kosong, jangan sebaliknya.

2. Fotografer harus memahami situasi yang akan direkamnya ke dalam rekaman dua dimensi. Dia harus tahu bahwa realitas tiga dimensi dengan pelengkapnya (suara angin, bebauan, dan sebagainya) akan direkam dalam realitas dua dimensi tanpa pelengkap sama sekali.

3. Jangan pernah berangkat memotret dengan kepala kosong. Foto harus sudah jadi, minimal sebagai konsep, sejak sang fotografer berangkat untuk memotret.


Menjadi Gravitasi bersama Luna Smartphone

Pekerjaan sebagai fotografer tentu sangat membutuhkan gadget lain sebagai penunjang. Seperti Luna Smartphone yang mempunyai fitur canggih kamera dengan lensa utamanya dilengkapi dengan sensor Sony 1300 juta pixel dan lensa Aperture 2.0 yang terang memungkinkan saya menangkap gambar yang menakjubkan dalam kondisi pencahayaan apapun. Kemudian Dual Tone Flash yang bisa memberikan keseimbangan cahaya putih yang sempurna untuk memotret gambar berkualitas tinggi sehingga menjadikannya salah satu ponsel terbaik di segmen ini. Kamera depan 8 MP pertama digabungkan dengan sudut pandang 80 derajat yang sangat wide/lebar sekali, jika ingin selfie dengan teman, semua bisa masuk dalam satu frame. Sungguh memang smartphone idaman.


#BeTheGravity #SmartphoneLuna

1 komentar: