November 02, 2010

The Stripes








Zebra adalah Afrika equids paling dikenal untuk hitam dan putih garis-garis khas mereka. Garis mereka datang dalam pola yang berbeda unik untuk setiap individu. Mereka umumnya hewan sosial dan bisa dilihat di kecil harem sampai besar ternak . Berbeda terdekat mereka, kerabat kuda dan keledai , zebra tidak pernah benar-benar dijinakkan .

Ada tiga jenis zebra yaitu zebra dataran , 's zebra Grévy dan zebra gunung . Zebra dataran dan zebra gunung milik Hippotigris subgenus, tetapi's zebra Grevy adalah spesies tunggal Dolichohippus subgenus. Yang terakhir ini menyerupai keledai , sedangkan dua mantan lebih kuda-mirip. Namun demikian, DNA dan data molekuler menunjukkan bahwa zebra benar-benar memiliki monofiletik asal. Ketiganya berasal dari genus Equus, bersama dengan equids hidup lainnya.Di daerah tertentu Kenya , zebra dataran dan Grévy's hidup berdampingan Zebra.

Garis-garis unik dan perilaku zebra membuat ini di antara hewan paling familiar bagi masyarakat.Mereka dapat ditemukan di berbagai habitat, seperti padang rumput , sabana , hutan , berduri scrublands , pegunungan dan pesisir bukit . Namun, berbagai faktor antropogenik memiliki dampak yang parah pada populasi zebra, dalam perburuan khususnya untuk kulit dan perusakan habitat. Zebra Grevy dan zebra gunung terancam punah. Sedangkan zebra dataran yang jauh lebih banyak, satu subspesies, yang quagga , punah di akhir abad 19.

Nama "zebra" berasal dari Portugis Lama zevra kata yang berarti " keledai liar ".Pengucapan adalah / zɛbrə / zeb-rə atau / zi ː brə


Taksonomi dan evolusi

Zebra adalah keturunan kedua untuk menyimpang dari kuda-proto awal, setelah keledai, sekitar 4 juta tahun yang lalu. Zebra Grevy adalah diyakini telah menjadi spesies zebra pertama yang muncul. Nenek moyang dari kuda Equus diyakini telah bergaris, dan zebra harus mempertahankan garis nenek moyang mereka karena keuntungan mereka untuk hewan sosial di lingkungan tropis. Garis-garis luas akan digunakan sedikit equids yang hidup di kepadatan rendah di gurun pasir (seperti keledai dan beberapa kuda) atau orang yang hidup di iklim dingin dengan mantel berbulu dan naungan tahunan (seperti beberapa kuda). Fosil dari equid kuno ditemukan dalam fosil Hagerman Tempat Tidur Monumen Nasional di Hagerman, Idaho . Hal ini diyakini mirip dengan Grevy's zebra. Para hewan memiliki tubuh zebra-seperti gempal dan pendek, sempit, seperti tengkorak keledai. Zebra Grevy juga memiliki seperti tengkorak keledai. Kuda Hagerman juga disebut zebra Amerika atau zebra Hagerman.

Atribut fisik

Stripes

Itu yang diyakini sebelumnya bahwa zebra adalah binatang putih dengan garis-garis hitam, karena beberapa zebra memiliki bukti Embriologis, bagaimanapun, menunjukkan itu warna latar belakang hewan adalah hitam dan garis-garis putih dan perut adalah tambahan.

Biasanya garis-garis vertikal pada kepala, leher, forequarters, dan tubuh utama, dengan garis-garis horisontal di bagian belakang dan di kaki hewan. The " zebra crossing " ini dinamai zebra hitam dan putih garis-garis tersebut.

Ia telah mengemukakan bahwa garis-garis berfungsi sebagai isyarat visual dan identifikasi. Dengan setiap pola striping unik untuk masing-masing individu, zebra dapat mengenali satu sama lain dengan garis-garis mereka.

Lain percaya bahwa garis-garis bertindak sebagai kamuflase mekanisme. This is accomplished in several ways. Hal ini dilakukan dalam beberapa cara. Pertama, vertikal striping membantu zebra bersembunyi di rumput. Sementara tampak absurd pada pandangan pertama, mengingat rumput yang bukan putih atau hitam, maka seharusnya efektif terhadap zebra utama predator , yang singa , yang buta warna . Secara teoritis, zebra berdiri diam di rumput tinggi mungkin tidak diperhatikan sama sekali oleh singa. Selain itu, karena zebra adalah binatang kawanan, garis-garis dapat membantu untuk membingungkan predator - sejumlah zebra berdiri atau bergerak berdekatan mungkin muncul sebagai salah satu hewan besar, sehingga lebih sulit bagi singa untuk memilih setiap zebra tunggal untuk menyerang. Sebuah kawanan zebra hamburan untuk menghindari predator juga akan mewakili untuk predator bahwa massa garis-garis vertikal bingung bepergian dalam berbagai arah, sehingga sulit bagi predator untuk melacak individu secara visual karena memisahkan dari herdmates, meskipun ahli biologi tidak pernah diamati singa muncul bingung dengan garis-garis zebra.

Sebuah teori yang lebih baru-baru ini, didukung oleh percobaan, berpendapat bahwa mengganggu pewarnaan juga merupakan cara yang efektif untuk membingungkan sistem visual dari menghisap darah lalat Tsetse . Alternatif teori termasuk bahwa garis-garis bertepatan dengan pola lemak di bawah kulit, melayani sebagai mekanisme thermoregulatory untuk zebra, dan bahwa luka berkelanjutan mengganggu pola striping dengan jelas menunjukkan kebugaran hewan untuk pasangan potensial.

Gaits

Seperti kuda, zebra berjalan, berlari, canter dan berpacu.Mereka umumnya lebih lambat dari kuda, tapi stamina yang besar mereka membantu mereka melebihi predator. Ketika dikejar, sebuah zebra akan zig-zag dari sisi ke sisi, sehingga lebih sulit bagi predator. Ketika terpojok, zebra akan belakang dan menendang atau menggigit penyerang tersebut.

Senses

Zebra memiliki penglihatan yang sangat baik. Hal ini diyakini bahwa mereka dapat melihat dalam warna. Seperti kebanyakan ungulates, zebra memiliki mata pada sisi kepalanya, memberikan bidang pandang lebar. Zebra juga memiliki penglihatan pada malam hari , meskipun tidak maju seperti yang sebagian besar predator mereka, tetapi pendengaran mereka mengkompensasi.

Zebra memiliki pendengaran yang sangat baik, dan cenderung memiliki telinga yang lebih besar, bulat dari kuda. Seperti kuda dan ungulates lainnya, zebra dapat mengubah telinga mereka di hampir segala arah. Selain penglihatan dan pendengaran, zebra memiliki indera penciuman dan rasa.

Ekologi dan perilaku

Seperti sebagian besar anggota keluarga kuda, zebra sangat sosial. Struktur sosial mereka, bagaimanapun, tergantung pada spesies. Zebra Mountain dan zebra dataran hidup dalam kelompok, yang dikenal 'harem' sebagai, terdiri dari satu kuda sampai dengan enam kuda dan anak kuda mereka. Zebra laki-laki hidup sendiri atau dengan kelompok dari bujangan lain sampai mereka cukup umur untuk tantangan kuda penangkaran.Ketika diserang oleh pak hyena atau anjing liar kelompok zebra akan berkumpul bersama dengan anak kuda di tengah sementara kuda mencoba untuk menangkal mereka.

Berbeda dengan spesies zebra lainnya, zebra Grevy kita lakukan tidak memiliki ikatan sosial yang permanen. Sekelompok zebra ini jarang tetap bersama-sama untuk lebih dari beberapa bulan. Para anak kuda tinggal bersama ibu mereka, sementara laki-laki dewasa hidup sendiri. Seperti dua spesies lain zebra, sarjana zebra jantan akan mengorganisir dalam kelompok.

Seperti kuda, zebra tidur berdiri, dan hanya tidur ketika tetangga sekitar untuk memperingatkan mereka dari predator.

Komunikasi

Zebra berkomunikasi satu sama lain dengan gonggongan bernada tinggi dan meringkik. Telinga A zebra menandakan suasana hati nya. Ketika zebra berada dalam suasana hati tenang, tegang atau ramah, telinganya berdiri tegak. Ketika ketakutan, telinga didorong ke depan. Ketika marah, telinga ditarik ke belakang. Ketika survey daerah untuk predator, zebra akan berdiri dalam sikap siaga, dengan telinga tegak, kepala terangkat tinggi, dan menatap. Ketika tegang mereka juga akan mendengus. Ketika predator adalah melihat atau merasakan, zebra akan kulit (atau meringkik) keras.

Makanan dan mencari makan

Zebra adalah grazers sangat mudah beradaptasi. Mereka makan terutama pada rumput tetapi juga akan memakan semak, herba, ranting, daun dan kulit kayu.Beradaptasi dengan baik sistem pencernaan mereka memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dengan diet kualitas gizi lebih rendah dari yang diperlukan untuk herbivora lainnya.

Reproduksi

Zebra Wanita dewasa lebih awal dari laki-laki, dan kuda mungkin memiliki anak kuda pertama pada umur tiga. Laki-laki tidak dapat berkembang biak sampai usia lima atau enam. Melahirkan satu anak kuda setiap dua belas bulan. Seperti kuda, zebra mampu berdiri, berjalan dan menyusu segera setelah mereka lahir. Seorang anak kuda zebra berwarna coklat dan putih, bukan hitam dan putih saat lahir.

Plains dan anak kuda zebra gunung dilindungi oleh ibu mereka, serta kepala kuda dan kuda lain dalam grup mereka. Anak kuda zebra Grevy's hanya memiliki ibu mereka sebagai pelindung biasa, karena, sebagaimana disebutkan di atas, kelompok zebra Grevy sering bubar setelah beberapa bulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar